Selasa, 14 April 2009

Pengelolaan SDA dan Lingkungan Hidup


Lingkungan hidup dan sumber-sumber kehidupan Indonesia berada di ambang kehancuran akibat eksploitasi berlebihan selama 32 tahun. Berlakunya otonomi daerah dengan tidak disertai tanggung jawab dari pelaksana negara, rakyat semakin terpinggirkan dan tidak dipedulikan haknya, sementara pengrusakan lingkungan berlangsung tanpa henti.

Keadaan makin memburuk seiring dengan reformasi yang setengah-setengah. Permasalahan sumber daya alam tidak diperhatikan serius oleh pemerintah. Akibatnya, korban dari kebijakan yang salah terus bertambah dan sebagian besar dari korban itu adalah masyarakat yang rentan.

Salah urus tersebut terjadi akibat pembangunan dan pendekatan sektoral yang digunakan. Sumber-sumber penghidupan diperlakukan sebagai aset dan bisa dieksploitasi untuk kepentingan sesaat dan kepentingan kelompok tertentu. Masalah ketidakadilan dianggap sebagai harga dari pembangunan.

Sumber daya alam hanya dilihat dari sudut ekonomis, seperti hutan hanya menghasilkan kayu dan laut hanya menghasilkan ikan, dsb. Sumber daya alam tidak pernah dilihat dari segi sosial, ekonomi dan budaya yang melekat padanya. Akibatnya, pemerintah selalu mengeksploitasi SDA dengan alasan pembangunan tanpa mempedulikan nasib masyarakat.

sumber:
www.indonesia.go.id
www.walhi.or.id
Kompas
National Geographic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar